Draft RKUHP 2022 PDF

Draft RKUHP 2022 PDF Download

Draft RKUHP 2022 PDF Download for free using the direct download link given at the bottom of this article.

Draft RKUHP 2022 PDF Details
Draft RKUHP 2022
PDF Name Draft RKUHP 2022 PDF
No. of Pages 539
Language English
CategoryEnglish
Download LinkAvailable ✔
Downloads17

Draft RKUHP 2022

Di postingan kali ini, kami akan menyajikan Draft RKUHP 2022 PDF. Pemerintah menyerahkan rancangan akhir Rancangan KUHP (RKUHP) kepada DPR sore ini. Draf tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Edward os Hiariz yang dipimpin oleh Komisi III DPR RI. Dari draf final RKUHP yang dikeluarkan MNC Portal Indonesia, terdapat pasal-pasal yang mengatur tentang hukuman bagi perzinaan, kumpul kebo dan inses.

Risiko hukuman bagi pelaku zina, kumpul kebo, inses bervariasi. Dimana, hukuman bagi mereka yang melakukan zina atau hubungan seks yang bukan suami istri diatur dalam Pasal 415. Pasal 415 Ayat (1) menyatakan bahwa barang siapa melakukan zina diancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun. Artikel ini telah dimuat di laman pdfsource.org pada Rabu, 06 Juli 2022 – 21:31 WIB oleh Arie Dwi Satrio dengan Judul “Rancangan Akhir KUHP: Ancaman Zina Selama 1 Tahun, 6 Bulan Dikumpulkan Bersama di Penjara” telah pergi.

Draft RKUHP 2022 PDF – Highlight

Tim pemerintah menggelar rapat RUU KUHP di Best Western Premier Hotel Kawang Jakarta. Dalam rapat yang diketuai oleh Prof. Annie Nurbaningsih, SH, M. Kita. Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN), Prof. Vidodo Ekatzhazana Direktur Jenderal Perundang-undangan, Y. Kepala Badan Litbang Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Ambegh Parmarta, Direktur Desain Dhahana Putra, Agus Hariyadi, serta perwakilan dari Biro Hukum Kejaksaan, Divakum dan Bereskim Polari. Kantor, dan BNN.

Draft Final RKUHP: Zina Diancam 1 Tahun, Kumpul Kebo 6 Bulan Penjara

Dalam rapat yang berlangsung selama 3 (tiga) hari (8-10/5/2017) ini, dibahas mengenai bahaya dan bobot sanksi pidana yang tertuang dalam RUU KUHP. Banyak pakar seperti Prof. Barda Nawawi Arif, Prof. Harkristuti Harkrisnovo, Prof. Marcus Prio Gunarto, Prof. Nyoman Sarikat, Dr. Mudzakir, Dr. Suhariono R, dan Dr. Surastini.

Baca juga: Dua Pasal Dihapus dalam Draft RUU KUHP, Ini Penjelasan Pemerintah

“Barangsiapa melakukan hubungan seks dengan orang selain pasangannya, dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau pidana denda kategori II”, telah dibuat ayat 415 yang disebut pada ayat (1) terakhir. Rancangan RKUHP, Rabu (6/7/2022).

Baca juga: Komisi III DPR Belum Bisa Pastikan Waktu Draf Terbaru RKUHP Dibuka

Kemudian masih dalam Pasal 415 ayat dijelaskan bahwa pihak yang dapat melaporkan perzinaan adalah suami/istri bagi mereka yang disempurnakan oleh perkawinan tersebut. Atau bisa juga orang tua atau anak bagi yang tidak terikat perkawinan. “Terhadap pengaduan sebagaimana dimaksud pada ayat , ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat 25, ayat 26, dan ayat 30 tidak berlaku,” sambung ayat 415 ayat .

Sedangkan hukuman pidana untuk kumpul kebo diatur dalam Pasal 416. Dimana, dalam Pasal 416 ayat (1) mengatur bahwa setiap orang yang hidup bersama sebagai suami istri di luar perkawinan diancam dengan pidana penjara selama-lamanya enam bulan. Pasal 416 Ayat (1) menyatakan, “Setiap orang yang bertempat tinggal bersama sebagai suami istri di luar perkawinan dipidana dengan pidana penjara dengan pidana kurungan paling lama enam (enam) bulan, atau pidana denda paling banyak Golongan II.” Sedangkan pihak yang dapat melaporkan kumpul kebo adalah suami/istri bagi mereka yang dilangsungkan perkawinan. Atau bisa juga orang tua atau anak bagi yang tidak terikat perkawinan.

Pengaduan dapat ditarik kembali selama pemeriksaan di pengadilan belum dimulai, demikian bunyi Pasal 416 ayat (4). Sedangkan bahaya pidana bagi pelaku inses diatur dalam Pasal 417. Pasal 417 menyatakan bahwa hukuman bagi pelaku malpraktik adalah 12 tahun penjara. Pasal 417 menyatakan, “Setiap orang yang melakukan hubungan seks dengan siapa saja yang diketahuinya sedarah dengan garis lurus atau ke samping sampai derajat ketiga, diancam dengan pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun.” akan dihukum penjara.”

HEADLINE: Draft Final RKUHP Ancam Penghina Presiden dan Wapres 3,5 Tahun Bui, Pasal Karet?

Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) telah menyerahkan rancangan final Rancangan KUHP (RKUHP) kepada Komisi III DPR RI. RUU itu masih menjadi berita di tahun 2019 bahkan setelah gelombang penolakan meletus dari berbagai lapisan masyarakat.

Akhirnya, dalam rapat paripurna terakhir yang diadakan pada 30 September 2019, DPR memutuskan untuk menunda pembahasan RUU KUHP. Ketua DPR sekaligus ketua sidang, Bambang Sosetyo, mengatakan RKUHP merupakan satu dari lima RUU yang ditunda dan akan dilanjutkan atau diteruskan pada periode berikutnya.

Di sini Anda dapat mengunduh Draf RKUHP 2022 PDF secara gratis dengan mengklik tautan yang diberikan di bawah ini.

Draft RKUHP 2022 PDF Download Link