Perpol No 7 Tahun 2022 PDF

Perpol No 7 Tahun 2022 PDF Download

Perpol No 7 Tahun 2022 PDF Download for free using the direct download link given at the bottom of this article.

Perpol No 7 Tahun 2022 PDF Details
Perpol No 7 Tahun 2022
PDF Name Perpol No 7 Tahun 2022 PDF
No. of Pages 148
PDF Size 3.73 MB
Language English
CategoryEnglish
Download LinkAvailable ✔
Downloads17

Perpol No 7 Tahun 2022

Pada postingan kali ini, kami akan menyajikan Perpol No 7 Tahun 2022 PDF. Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) No. 2022 tentang Komisi Kode Etik dan Kode Etik Kepolisian Negara Republik Indonesia resmi berlaku. Peraturan ini berlaku untuk AKBP yang bereaksi terhadap keputusan etis terhadap Raiden Brotosano. Kabag Propham Polri Irjen Ferdi Sambo menjelaskan mekanisme peninjauan kembali (PK) itu agar Kapolri bisa memberdayakan tim peneliti untuk mengusut kesalahan penilaian etik.

Mekanisme Pasal 83 PERPOL 7/2022 adalah Kapolri berwenang membentuk tim peneliti terkait Kode Etik dan putusan Komisi Banding, dimana ada kesalahan, ada bukti yang tidak sesuai. Mabes Polri.” , Senin (20/6/2022), Sambo mengatakan, “Permohonan Banding terhadap Code of Conduct atau Pedoman Perilaku telah diajukan.”

Perpol No 7 Tahun 2022 PDF – Ringkasan

1 Entitas Kepolisian Negara Republik Indonesia
2 Jenis Peraturan Kepolisian Negara (Peraturan Kepolisian Negara)
3 Nomor 7 Tahun 2022
4 Tahun 2022
5 Tentang Peraturan Kepolisian Negara Tentang Kode Etik Profesi dan Komisi Kode Etik Kepolisian Negara Republik Indonesia
6 Tanggal Ditetapkan 14 Juni 2022
7 Tanggal Diundangkan
8 Berlaku Tanggal
9 Sumber

Kemudian Komisi Kode Etik ini dapat meninjau kembali hal-hal yang telah diputuskan tiga tahun sebelum pemberlakuan PERPOL 7/2022. Kemudian pada Pasal 84, Kapolri Erwasam akan membentuk tim peneliti yang terdiri dari Biro Sumber Daya Manusia, Bagian Propham dan Bagian Humas. Hasil temuan tim akan dikomunikasikan kepada Kapolri. Langkah selanjutnya adalah membentuk Komisi Peninjau Kode Etik, berdasarkan surat perintah Kapolri yang terdiri dari Wakapolri Iravasum selaku Kabag Propam, Kadivakam dan SDM.

Perpol 7/2022 Terbit, Putusan Etik AKBP Brotoseno Bisa Dilakukan PK

Setelah itu, Komisi Peninjau Kode Etik bekerja selama 14 hari untuk memeriksa proses persidangan dan putusan, serta menghadirkan bukti yang tidak diajukan. “Nanti akan kami informasikan perkembangan selanjutnya mengikuti arahan penelitian Kapolri,” jelas Sambo. PERPOL No. 7 Tahun 2022 merupakan gabungan dari PERCAP No. 4 Tahun 2011 dan PERCAP No. 19 Tahun 2012.

Perpol terbaru ini memiliki banyak aspek yang diatur, yang tidak tercantum dalam dua perkup pertama, misalnya perkembangan masyarakat Indonesia tentang penyalahgunaan narkoba, perilaku seksual menyimpang dan banyak norma lainnya. Ini juga mengontrol fungsi operasional dan pembinaan yang terkait dengan perizinan, penerimaan anggota polisi, pembelian barang dan jasa bersama.

Peraturan Kepolisian Negara Nomor 7 Tahun 2022

  • Bahwa setiap aparat Kepolisian Negara Republik Indonesia harus mampu menjalankan tugas dan kepegawaiannya, harus mampu mencerminkan kepribadian Negara Byangkara secara utuh, menghayati dan menjiwai etika profesi kepolisian yang seharusnya mencerminkan sikapnya tercermin dan dipraktikkan dalam Kode Etik Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai kristalisasi dari nilai-nilai yang terkandung dalam Tribrata dan Katur Prasetya yang dilandasi dan dijiwai oleh Panchsheel;
  • Bahwa dengan pesatnya perkembangan teknologi dan perubahan nilai-nilai moral, budaya dan perilaku yang terjadi di masyarakat, mempengaruhi para anggota Polri terhadap tugas, tanggung jawab dan perilaku petugas, sehingga perlu dirumuskan rasa etika. Pembentukan kode profesi dan komisi kode etik Kepolisian Negara Republik Indonesia;
  • Bahwa Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2011 tentang Tata Tertib Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia . 19 Tahun 2012 Kepolisian Negara Republik Indonesia Tahun 2002 sebagai implementasi dari ketentuan Pasal 34 ayat (3) dan Pasal 35 ayat (2) Undang-Undang Nomor 2 tentang Organisasi dan Tata Kerja Komisi Kode Etik Kepolisian Negara Republik Indonesia terkait, sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan perubahan nilai moral, budaya dan perilaku yang mempengaruhi perilaku anggota Polri, oleh karena itu perlu dilakukan perubahan;
  • Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf A, B, dan C, perlu menetapkan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia tentang Komisi Kode Etik Profesi dan Kode Etik Negara Mengadakan. Kepolisian Republik Indonesia;

Perpol 7/2022 Resmi Diundangkan, Sidang Etik AKBP Brotoseno Bakal Ditinjau Ulang Kapolri

Dengan begitu, Kapolri bisa meninjau kembali sidang etik AKBP Brotoseno yang diselenggarakan oleh Tata Tertib Kepolisian (KKEP). Usai berlaku, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta Kepala Divisi Propam Irjen Ferdi Sambo untuk segera menindaklanjuti. “Dalam waktu dekat tentu akan kami tindak lanjuti,” kata Sigit di Markas Besar Polres Medan Byangkara, Jakarta Selatan, Minggu (19/6).Kepala Divisi Propam akan menceritakan hal ini nanti secara spesifik.

Sigit menegaskan pihaknya tentu akan mengikuti konsistensi mekanisme pengujian Review KKEP (PK) yang telah diatur dalam PARCP terbaru. “Polisi berkomitmen untuk menindaklanjuti. Kalau tidak ditindaklanjuti, mengapa Perpol diubah,” kata Sigit. SIGIT mengatakan pihak Propam akan segera melakukan teknis dalam waktu dekat dan menyelesaikan proses sesuai dengan aturan yang tertuang dalam PARKUP terbaru.

Di sini Anda dapat mengunduh Perpol No 7 Tahun 2022 PDF secara gratis dengan mengklik tautan yang diberikan di bawah ini.


Perpol No 7 Tahun 2022 PDF Download Link